KEHAMILAN Menstimulasi Janin dengan Bacaan Alquran

Eni Widiastuti

(eni.widiastuti@solopos.com)

 

Alquran adalah kalam Ilahi. Kitab suci ini menjadi rujukan utama umat Islam dalam melangkah menapaki kehidupan. Tak hanya itu, berbagai temuan ilmu pengetahuan juga telah mengungkapkan banyak hal tentang kebenaran Alquran.

Salah satu keajaiban Alquran, yaitu mampu menghadirkan ketenangan pada diri seseorang ketika ia membaca ataupun mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Alquran. Bagi wanita hamil, bacaan Alquran juga bisa digunakan untuk menstimulasi janin sejak dalam kandungan.

Seorang ibu rumah tangga asal Banyuagung, Solo, Novi, mengungkapkan saat ini ia sedang hamil anak kedua. Di awal kehamilan, ia sering muntah-muntah dan terkadang mengalami perasaan tak tenang. Beberapa teman kemudian menyarankan Novi agar memperbanyak istigfar dan membaca Alquran. “Alhamdulillah setelah saya melakukan hal itu (istigfar dan membaca Alquran), saya jarang mual-mual dan menjadi lebih tenang,” ungkapnya saat ditemui Koran O di sela-sela acara Seminar dan Launching Sekolah Qur’an Ibu Hamil bertema The Miracle of Qur’an for Janin di tempat penyelenggaraan Sekolah Qur’an Ibu Hamil, Jajar, Laweyan, Solo, Minggu (14/7).

Peserta seminar lainnya asal Penumping, Solo, Lina, menceritakan saat ini ia sedang hamil anak ketiga. Usia kehamilannya sekitar 16 pekan. Pada kehamilannya yang ketiga ini, Lina berusaha sesering mungkin membaca Alquran. Ia memiliki target minimal membaca Alquran satu juz/hari. Alasannya bacaan Alquran mampu menstimulasi perkembangan janin agar lebih cerdas.

Investasi

Direktur Rumah Qur’an Haramain, Muh. Kholid, menerangkan aktivitas menuntut ilmu itu seharusnya sudah mulai dilakukan sejak seseorang mulai dalam kandungan hingga masuk liang lahat. Oleh karena itu ia menyarankan agar ibu hamil mulai mendidik putra putrinya sejak dalam kandungan. Tujuannya semata mencari rida Allah SWT. Dengan mendidik buah hati secara benar sejak dalam kandungan, harapannya si kecil akan menjadi anak saleh sebagai investasi akhirat.

Rumah Quran Haramain, ungkapnya, memiliki tiga program utama. Yaitu gerakan satu rumah satu penghafal Alquran, satu hari membaca satu juz Alquran dan program satu hari menghafalkan satu ayat Alquran. Ketika seorang ibu hamil sudah sering menstimulasi janin dengan bacaan Alquran, diharapkan kelak ketika anak belum balig, sudah hafal Alquran.

Sekretaris Happy Family Care yang juga seorang bidan, Wikan Agustiani, menjelaskan seorang ibu hamil harus memiliki kondisi ruhiah dan psikologis yang baik. Pasalnya hal itu akan berpengaruh terhadap perkembangan janin yang dikandung. Ketika memberikan stimulasi kepada janin, harus dilakukan secara menyeluruh ke semua dimensi manusia. “Yaitu dimensi jasad, akal dan ruh. Hal itu bisa dilakukan karena sejak dalam kandungan bayi sudah bisa mendengar,” jelasnya.

 

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *