Kombinasi Herbal Sehatkan Jantung

Jantung merupakan organ penting yang berfungsi memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia. Bila organ ini terganggu, pasokan darah akan terganggu dan berakibat buruk bagi kesehatan. Beberapa tanaman ternyata dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Kharisma Ayu Febriana/JIBI/Harian Jogja Express

Praktisi pengobatan herbal, Nafi dzullah Amin menjelaskan, mengonsumsi kombinasi tanaman obat, di antaranya daun sembung, sambung nyawa, daun dewa, dan pegagan bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung. “Daun sembung mengandung borneol, sineol, dimethyletherphoroacetophenone, dan limonene. Tanaman ini memiliki efek farmakologis yakni melencarkan sirkulasi darah, serta berguna untuk mengatasi jantung berdebar, kejang jantung, dan nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah karena kolesterol,” jelasnya saat ditemui Harian Jogja Express, di tokonya, Jl.Purwodiningratan NG 1/914, Jogja, Minggu (25/3). Ia menambahkan, sambung nyawa memiliki kandungan fl avonoid, saponin, minyak atsiri, polifenol, dan steroid. Tanaman ini juga memiliki efek farmakologis sehingga dapat mencegah dan mengurangi gangguan jantung akibat komplikasi dengan kolesterol, hipertensi dan diabetes. Daun dewa (Gynura sagetumdaun) mengandung saponin, minyak atsiri, fl avonoid, senesfi lin, alkaloid, dan tannin. Daun dewa memiliki efek anti trombik karena mengandung zat yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan atau plak pada dinding pembuluh darah. Kandungan zat pada daun dewa juga dapat mencairkan darah beku sehingga dapat menghambat proses penyempitan pembuluh darah. Ada pula pegagan, yang memiliki kandungan kimia sebagai asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose, carotenoids. Berbagai garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, vellarine dan zat samak juga terdapat dalam pegagan. Mengonsumsi tanaman ini dapat menimbulkan efek farmakologis sebagai deuretika, menenangkan fikiran, serta melancarkan sirkulasi darah di otak. Untuk mengonsumsinya, keempat daun herbal tersebut direbus terlebih dahulu dengan takaran air secukupnya. Air hasil rebusan dapat diminum setiap hari sebanyak satu gelas. Jika ingin lebih mudah, ada juga produk jadinya dalam bentuk kapsul, Cardiocare, yang dibuat dari keempat tanaman tersebut. Produk ini terbuat dari 100% bahan herbal alami hasil formulasi kandungan daun sembung, sambung nyawa, daun dewa, dan pegagan. Menurut Nafi dzullah, penggunanan produk tersebut tidak menimbulkan efek samping, sehingga dapat dikonsumsi tiga kali sehari masing- masing satu kapsul. “Bagi penderita, ada baiknya memperbanyak minum air putih, olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Melakukan pola makan dengan gizi seimbang, jauhi stres, merokok dan alkohol juga dapat mengindari penyakit jantung,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>